Selamat Datang di blog KUA Kecamatan Kepung - Kabupaten Kediri, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Kepung menerapkan pelayanan berbasis IT

Tujuan dan Sasaran


ü   Tujuan
a.       Meningkatkan hubungan yang harmonis dan koordinatif antar aparatur / pegawai di
KUA Kec. Kepung.
b.      Meningkatkan kualitas dan skill individu pegawai terutama dalam bidang NR, Zakat
wakaf, Ibadah sosial, dan administrasi perkantoran modern serta kemitraan.
c.      Meningkatkan hubungan lintas sektoral yang harmonis dan dinamis dengan instansi
terkait, ormas-ormas dan lembaga-lembaga keagamaan yang ada di Kec. Kepung.
d.      Meningkatkan
sarana prasarana serta mengefektifkan fungsi pelayanan kepada masyarakat menuju
pelayanan prima yang lebih profesional.
e.      Meningkatkan pelayanan kehidupan umat beragama serta memantapkan kualitas
pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama

ü   Sasaran
a.       Terciptanya kedisiplinan, etos kerja dan produktifitas kerja pegawai meningkat dan lebih
profesional.
b.       Terwujudnya spesialisasi kualitas skill individu pegawai dalam bidangnya.
c.       Terjalinnya kerjasama yang sinergis dengan instansi terkait, ormas-ormas dan lembaga-lembaga keagamaan sehingga terjadi keterpaduani program kerja.
d.      Terpenuhinya sarana dan prasarana keagamaan dan perkantoran serta terwujudnya sistem
manajemen pelayanan yang baik guna memberi kemudahan pelayanan kepada
masyarakat.
e.       Terciptanya pelayanan prima terhadap kehidupan umat beragama melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama.

§    Cara mencapai tujuan dan sasaran
1.       Kebijakan
a.       Memantapkan koordinasi, integrasi dan terpadu.
b.       Menumbuh kembangkan perilaku aparatur negara menuju budaya kerja enterpreneur,
pemanfaatan, hemat, efisiensi, disiplin dan hidup sederhana.
c.       Mengoptimalkan peran, fungsi dan tugas KUA sebagai ujung tombak Kementrian Agama
serta menguatkan dan memantapkan peran dan fungsi ormas-ormas dan lembaga sosial
keagamaan sebagai mitra Kementrian Agama.
d.      Membangun sistem manajemen pelayanan modern melalui jaringan Networking / Teknologi
Informasi (TI) serta merehabilitasi balai nikah dan balai penasehatan perkawinan
(BP-4).
e.       Mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan memantapkan kualitas
pemahaman, penghayatan serta pengamalan ajaran agama.

2.       Program dan Kegiatan


§ Meningkatkan koordinasi dan peranan seluruh pegawai dalam kegiatan KUA.

Kegiatan :
a.       Mengadakan rapat rutin seluruh pegawai yang terdiri dari fungsional penyuluh, Staf
administrasi dan Honorer / Sukwan.
b.       Mengadakan rapat rutin seluruh Pembantu Penghulu se-Kecamatan Kepung.
c.       Menyusun Rencana dan strategi, jadwal kerja tahunan, dan Laporan akuntabilitas instansi
pemerintahan.
d.     Mengidentifikasi Job discription  Pegawai.
e.       Sosialisasi Kebijakan KUA / Kandepag Kab. Kediri.

§   Meningkatkan pendayagunaan dan pengembangan SDM serta kinerja aparatur negara di lingkungan KUA Kec. Kepung.
Kegiatan :
a.       Mendelegasikan / mengikutsertakan pegawai baik Fungsional Penyuluh, Staf
Administrasi dan Pembantu Penghulu dalam Diklat, training, sarasehan, seminar
dan lain sebagainya.
b.       Mengadakan pembinaan dan pembekalan ketrampilan Pembantu Penghulu.
c.       Memotivasi
karyawan untuk meningkatkan pendidikan formal maupun non formal.
d.      Mengembangkan wawasan dan peningkatan SDM, loyalitas, dedikasi serta kesetiaan
melalui pembinaan setiap bulan.
e.       Membina karyawan, pembantu penghulu dengan bobot materi kepegawaian, pelayanan dan
mental spiritual melalui moment tertentu.

§  Meningkatkan performa, eksistensi dan keberadaan KUA di hadapan
instansi lain, Lembaga Sosial Keagamaan serta masyarakat umum.
Kegiatan :
a.       Mengadakan PHBI / silaturrahim antar instansi dan lembaga sosial keagamaan.
b.       Meningkatkan peran serta KUA dalam rangka menghadiri undangan seperti upacara
17-an, pengajian dan majlis-majlis taklim dan sebagainya.
c.       Pembuatan profil KUA, pembuatan berbagai macam brosur NR dan sertifikasi tanah wakaf.
d.      Memberikan penyuluhan dan bimbingan hidup beragama bagi masyarakat.
e.       Sosialisasi tentang pentingnya kerukunan umat beragama.
f.        Sosialisasi tentang aliran agama yang terlarang dan menyimpang dari ajaran yang
pokok.
g.       Sosialisasi tentang aliran kepercayaan.



§        Peningkatan sarana prasarana kegamaan dan perkantoran serta peningkatan sistem manajemen pelayanan.
Kegiatan :
a.       Permohonan blanko NTCR dan Wakaf.
b.       Mengusahakan, mengusulkan permohonan kitab dan literatur keagamaan terutama
terjemahan dan tafsir.
c.       Pengadaan Networking melalui Teknologi Informasi (Komputerisasi, Faximile).
d.      Pengadaan kotak saran dan P3K.
e.       Membangun dan merehabilitasi Balai Nikah dan Balai Penasehatan Perkawinan (BP 4).
f.         

§  Peningkatan pelayanan kehidupan beragama serta peningkatan pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan pengembangan nilai-nilai agama.
Kegiatan :
1.       Pelayanan dan bimbingan dibidang nikah dan rujuk
a.       Sosialisasi Hukum Munakahat dan Perkawinan UU No. 1 Tahun 1974 / KHI. (kompilasi hokum Islam)
b.       Menyelenggarakan  perkawinan missal (gratis).
c.       Membina keluarga sakinah dengan menyalurkan buku RTB kepada Catin, dan mengikut sertakan Suscatin.
d.      Memberikan bimbingan dan penyuluhan keluarga sakinah.

2.       Pelayanan
dan bimbingan dibidang zakat, wakaf dan ibsos
a.       Memberikan pembinaan / penyuluhan  tentang sertifikasi tanah wakaf.
b.       Pelatihan amil zakat.
c.       Memberikan sumbangan pada daerah terpencil.
d.      Memberikan sumabangan Mushaf Al Qur'an, Juz Amma dan buku Tajwid bagi santri TPQ,
pendidikan formal dan tempat ibadah.
e.       Memberikan sumbangan pada anak yatim.

3.       Pelayanan pemberdayaan produk halal.
a.       Sosialisasi UU perlindungan konsumen tahun 1999.
b.       Sosialisasi produk halal fatwa MUI.
c.       Sosialisasi tentang cara penyembelihan binatang ternak.

4.       Mengadakan pelatihan manajemen kemasjidan.
a.       Struktur kemasjidan
b.       Administrasi ketakmiran
c.       Pelatihan menentukan arah kiblat
d.      Pembenahan arah kiblat pada masjid dan mushola
e.       Perpustakaan masjid
f.        Pengelolaan kurban
g.       Pengelolaan zakat fitrah dan zakat mal
h.       Pembinaan dan pelatihan khotib

5.       Pelayanan serta bimbingan / prakarsa dibidang Ukhuwah Islamiyah, jalinan kemitraan dan
pemecahan masalam umat.
a.       Pembinaan jam’iyah pengajian.
b.       Pembinaan TPQ baik untuk Ustadz dan santrinya setiap Minggu Pon.
c.       Mengikuti Bahsul Masail yang diadakan oleh ikatan santri Kec. Kepung.
d.      Pembinaan di Sekolah Menengah Atas tentang UU no 1 tahun 1974 dan bahayanya hubungan pra nikah.

6.       Pelayanan serta bimbingan manasik Haji.
a.       Sosialisasi tentang masalah haji
b.       Pembinaan haji 11 kali

Top Stories

 
Copyright © KUA Kepung, Kabupaten Kediri All Rights Reserved 2011 di dukung Blogger
Custom by : Ariessoftware.net, 2011 | diteruskan oleh : taskan