Selamat Datang di blog KUA Kecamatan Kepung - Kabupaten Kediri, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Kepung menerapkan pelayanan berbasis IT

Ini Dia Program Unggulan Pemenang Anugerah KUA Teladan Tingkat Nasional 2015

Posted on
  • by
  • kuakepung
  • in
  • Label:
  • Jakarta, bimasislam— Penganugerahan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2015 baru saja berakhir. Setelah bersaing ketat dengan KUA Banjar Harjo, Jawa Tengah,  KUA Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, keluar sebagai pemenang. KUA yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 17,8, Pakembinangun, Sleman, ini mendapatkan pujian dari Kasubdit Pemberdayaan KUA, Ditjen Bimas Islam, sebagai instansi yang berhasil membangun kerjasama lintas sektoral, aktif dalam memberdayakan potensi masyarakat sekitar, dan berperan dalam menyelesaikan problem kemasyarakatan.

    Apa saja keunggulan KUA Pakem sehingga berhasil menyabet gelar juara? bimasislam mewawancarai Jaenudin, Kepala KUA Kecamatan Pakem, dan berikut petikannya untuk Anda.

    Bisa disampaikan bagaimana kesan KUA Pakem setelah meraih Gelar KUA Teladan Tingkat Nasional?

    “Untuk daerah Istimewa Yogyakarta, capaian ini sekaligus mempertahankan gelar KUA teladan untuk ketiga kalinya sejak 2013, 2014, dan 2015. Kami mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dari semua pihak, di antaranya adalah kekompakan teman-teman kami di KUA Pakem, kemudian tim pendamping dari Kabupaten Sleman, Kasi Bimas Islam dan kepala Kankemenag Kabupaten Sleman, tim pendamping dari Urais Kanwil Kemenag DIY, juga bapak Kakanwil Kemenag Yogyakarta yang telah banyak memberikan support kepada kami sehingga kami bisa meraih ini semua.

    Apa keunggulan yang diusung KUA Pakem sehingga berhasil mendapat gelar juara?

    Keunggulan yang kami usung sehingga menjadi nilai plus bagi KUA Pakem adalah  optimalisasi teknologi informasi berbasis IT, diantaranya adalah SIMKAH Desa, SMS Center, dan Digital Televisi. Kami juga pernah mendapatkan sertifikat untuk standar pelayanan mutu ISO 9001/2008.

    Yang dalam Bentuk Kegiatan?

    Adapun dalam bentuk kegiatan yang menjadi keunggulan kami, pertama adalah kursus calon pengantin berbasis life skill, dimana KUA Kecamatan Pakem bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman. Dalam Kursus Calon Pengantin berbasis life skill ini, para calon pengantin dikenalkan dengan dunia kerja sehingga mereka bisa mendapatkan bekal untuk kehidupan berkeluarga secara ekonomi selepas menikah.

    Selain itu, KUA Kecamatan Pakem juga mendeklarasikan jargon ‘Cegah Lima’ dimana kami bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sleman, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Sleman, dan seluruh siswa siswi se-kecamatan Pakem yang kurang lebih ada 19 sekolah. Perlu diketahui Kecamatan Pakem adalah kecamatan dengan jumlah sekolah lanjutan terbanyak di kabupaten Sleman.

    Apa saja isi dari jargon ‘Cegah Lima’ itu?

    Deklarasi Cegah Lima ini berbunyi:
    (1)    mencegah pernikahan dini
    (2)    mencegah hamil sebelum nikah
    (3)    mencegah pergaulan bebas
    (4)    mencegah narkoba
    (5)    mencegah kenakalan remaja

    Kelima hal tersebut sesungguhnya sangat rentan dan menjadi tantangan bagi para remaja, sehingga kami melakukan kegiatan tersebut sedini mungkin agar mereka tidak melakukan hal-hal tersebut.

    Ada Pesan untuk Petugas KUA di Seluruh Indonesia?


    Pesan kepada teman-teman KUA yang lain di Indonesia, yang penting adalah bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada di kecamatan masing-masing sebagai sumberdaya. Tentu saja setiap kecamatan memilliki peluang yang berbeda-beda, sehingga peluang itulah yang perlu dijadikan sebagai unggulan di masing-masing KUA” (bimasislam.kemenag.go.id)

    Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Ini Dia Program Unggulan Pemenang Anugerah KUA Teladan Tingkat Nasional 2015. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Ini Dia Program Unggulan Pemenang Anugerah KUA Teladan Tingkat Nasional 2015 ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Top Stories

     
    Copyright © KUA Kepung, Kabupaten Kediri All Rights Reserved 2011 di dukung Blogger
    Custom by : Ariessoftware.net, 2011 | diteruskan oleh : taskan